Cara Mencari HP Murah Meriah Bagus Serta Fiturnya Lengkap

Saat ini untuk mencari hp murah tidaklah terlalu sulit. Banyak toko penjual HP berlomba menawarkan jenis handphone Android dan harganyapun bervariasi, mulai HP second dengan harga kurang dari 1 juta sampai model HP terbaru di atas 5 juta tersedia. Dan bukan hanya harganya saja yang bervariasi, namun merk dan modelnya pun cukup banyak. Bila sekitar 2, 3 atau 4 tahun lalu, pasar jual beli HP baru hanya dikuasai oleh merk-merk terkenal, namun kehadiran teknologi baru sistem operasi Android, telah memunculkan produsen smartphone (misal HP Cina) dengan kualitas bagus dan harganya makin murah pula.

Cara Mencari HP Murah Meriah Bagus Serta Fiturnya Lengkap


Baca juga: Harga Asus Zenfone 3

Fakta tersebut, tentu amat menguntungkan buat calon konsumen yang mencari harga hanphone terbaru. Sebab bila semakin banyak produsen memproduksi HP Android, maka persaingan akan semakin sengit dan akhirnya akan menurunkan harga jual HP.

Namun, banyaknya info harga handphone terbaru (seperti iklan toko penjual HP online) malah membuat pusing calon konsumen/pembeli. Mau beli ponsel harga berapa? Toko HP murah itu dimana? Cukup tidak uang 1 juta atau kurang dari 500 ribu untuk beli ponsel murah tapi bagus kualitasnya?

Anda mungkin tertarik dengan spek dan harga HP Xiaomi Mi Note 2

HP Xiaomi Mi Note 2


Nah, dalam tulisan ini, saya memberikan tips tentang cara mencari harga HP murah sehingga Anda jangan sampai salah saat beli ponsel dengan merek tertentu.


Tips Cari HP Android

Ada beberapa merek lokal cenderung memberikan penawaran jual beli HP dengan harga terjangkau dan fitur melimpah. Tak sedikit konsumen yang cari HP baru tertarik untuk membelinya tapi masih ragu berkaitan dengan kualitas . Berikut ini merupakan beberapa cara penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika cari HP murah dengan kualitas bagus.


Komponen Handphone

Jika ingin beli ponsel maka perhatikan komponen yang ditanam dalam HP tersebut. Komponen itu bisa berupa prosesor, kartu grafis (GPU) dan lainnya. Umumnya komponen tersebut tidak dibuat sendiri oleh produsen hanphone, tapi mereka membelinya dari produsen komponen seperti misalnya dari Qualcom.

Info spek Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7
 

Supaya memiliki tingkat persaingan harga tinggi (mampu bersaing) dalam hal harga jual beli HP, maka sering handphon lokal mengurangi kualitas beberapa komponen atau fitur yang dipakai, misalnya saja kualitas layar, kualitas gambar hasil jepretan kameranya, casingnya kurang kokoh atau kualitas aksesoris pendukung seperti kabel data dan chargernya. Tapi ini bukan berarti bahwa kualitas HP Android baru merek lokal sudah pasti jelek, sebab nyatanya banyak juga toko penjual HP lebih memilih konsumen dari kalangan bawah dengan menjual HP murah tapi memiliki kualitas baik.

Jadi, sepanjang HP Android produksi lokal memiliki spesifikasi bagus, maka performa handphone itu tak akan kalah dibandingkan dengan merk yg sudah terkenal. Ini jelas, sebab prosesor HP atau komponen hardware HP yang dipakai oleh merk lokal itu sama persis seperti yang dipakai oleh HP merk terkenal.

Beberapa handphone Android buatan lokal yang dijual di Indonesia sekarang ini memang punya kualitas dan performa tak kalah bagusnya dibandingkan merk terkenal lain yang ditawarkan dengan harga murah. Tapi meski begitu ada faktor lainnya yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli ponsel Android merk lokal.


Keunggulan Utama Ponsel Merek Terkenal

Pusat Layanan Servis. Ponsel merek ternama umumnya memiliki tempat service center untuk pelanggan jika mengalami masalah teknis dengan HP mereka.

Harga Second Lebih Tinggi. Jual beli HP Android merk terkenal lebih mudah dilakukan dan harga HP sekennya cenderung lebih baik.

Suku Cadang Aksesoris. Sangat mudah mendapatkan aksesoris HP bermerek di toko HP murah, seperti screen guard, casing, sarung silikon dan lainnya.

Jadi, untuk konsumen yang ingin cari HP murah bisa mencoba kehandalan handphone Android berharga murah. Namun untuk konsumen yang suka berganti handphone, maka sepertinya lebih pas bila membeli merk terkenal karena lebih mudah untuk dijual lagi sebagai HP seken.



Selintas Mengenal Sistem Operasi Ponsel Pintar
Sistem operasi Android ada beberapa versi. Berikut ini merupakan urut-urutan versi dan nama sistem operasi ponsel Android.

1. Android 1.0 beta. Dikeluarkan pertama kali bulan Nopember 2007.

2. Android 1.1. Sistem ini mulai diproduksi bulan Pebruari 2009 tidak hanya untuk T-Mobile G1, tapi juga buat memecahkan masalah (bug), memperbaiki API dan penambahkan beberapa fitur baru. Dibandingkan dengan versi 1.0, sistem ponsel Android ini memiliki beberapa pembaharuan seperti penambahan fitur HP baru yaitu kemampuan merekam, nonton video, mengunggah video Youtube atau unggah gambar ke Picasa dari ponsel. Selain itu, ada tambahan Bluetooth A2DP sehingga bisa terhubung secara otomatis bluetooth, animasi layar bergerak dan kibor layar yang bisa disesuaikan.

3. Android 1.5. Diluncurkan bulan April 2009 dengan nama CupCake, memakai basis operasi Linux Kernel 2.6.27. Pembaruan sistem ini berdampak pada peningkatan fitur baru dan perubahan interface (antarmuka).

4. Android 1.6. Dilaunching pada September 2009 dan dinamakan Donut dengan basis operasi Linux Kernel 2.6.29. Dalam sistem operasi ini mempunyai beberapa fitur generasi baru, seperti galeri yang memudahkan pengguna memilih foto untuk diedit atau dihapus, kamera, perekam video kamera dan galeri terintergrasi, sinyal CDMA / EVDO, VPN, Gestures dan teknologi Text-to-speech. Juga ada kemampuan dial kontak dan peningkatan resolusi kamera VWGA.

5. Android 2.0 / 2.1. Dirilis pada bulan Oktober tahun 2009 dengan sebutan Eclair, masih berbasis sama dengan versi sebelumnya yaitu Linux Kernel 2.6.29. Hanya HP/ponsel merek Motorola Droid yang memakai OS Eclair waktu itu. Adapun perubahan dalam sistem ini antara lain peningkatan performa hardware, peningkatan fungsi Google Maps versi 3.1.2, perubahan UI memakai browser terbaru yang didukung HTML5, daftar kontak ponsel tipe terbaru, didukung oleh flash dengan kamera 3,2 megapixel, sistem zooming dan tertanam Bluetooth versi 2.1.

6. Android 2.2.x. Dilepas di bulan Mei 2010 dengan nama Android 2.2 Frozen Yoghurt atau sering disingkat Froyo. Memiliki fasilitas operasi Linux Kernel dengan versi 2.6.32. Adapun perubahan yang dilakukan pada umumnya dibandingkan dengan versi sebelumnya, seperti dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan aplikasi dan kinerja lebih cepat 2 s/d 5 lipat dari versi sebelumnya. Adanya intergrasi mesin V8 JavaScript yang dipakai oleh Google Chrome lebih mempercepat kemampuan Android 2.2 dalam merender browser. Terpasang juga aplikasi SD Card, memiliki portable Wi-Fi Hotspot dan kemampuan pembaruan otomatis (auto update) untuk aplikasi Android Market. Perangkat ponsel Google Nexus One adalah HP pintar pertama yang memakai sistem Android Froyo ini.

7. Android 2.3.x. Diluncurkan pada Desember 2010, Android 2.3 (Gingerbread) memiliki basis Linux Kernel 2.6.35. Perubahan umum yang ada di prosesor ini versi ini seperti peningkatan kemampuan gaming, updrage fungsi copy paste, redesign untuk layar antar muka (User Interface), didukung format video VP8 dan WebM, punya efek audio baru, upgrade kemampuan Near Field Communication (NFC), dan penambahan jumlah kamera lebih dari satu buah. Ponsel baru Google Nexus S adalah perangkat smartphone pertama yang memakai Android 2.3 Ginggerbread tersebut.

8. Android Honeycomb 3.x (Honeycomb) dirilis pada bulan Februari 2011. Android 3.0 (Honeycomb) adalah versi Android pertama untuk penggunaan di perangkat tablet, dengan basis Linux Kernel 2.6.36. User Interfacenya pun berbeda karena didesain untuk ponsel berbentuk tablet. Android Honeycomb mendukung multi prosesor dan meningkatkan porsi akselerasi perangkat keras untuk grafis.

9. Android 4.0.x (Ice Cream Sandwich). Pertama kali dikeluarkan untuk publik pada bulan Oktober 2011 dan mempunyai basis Linux Kernel 3.0.1. Secara teoritis, Android 4.0 amat sesuai buat ponsel Android versi 2.3 keatas, demikian menurut Gabe Cohen dari Google. Android ICS 4.0 memiliki fitur Honeycomb smartphone dan ada tambahan fitur terbaru seperti penguncian ponsel dengan deteksi wajah, memiliki sistem terpadu kontak jaringan sosial, ada juga perangkat tambahan fotografi, bisa mencari email secara offline, dan kemampuan sharing informasi dengan memakai NFC.

10. Android 4.1.x (Jelly Bean). Sistem operasi ini diluncurkan pada acara Google I/O dan memiliki beberapa keunggulan serta fitur terbaru. Tambahan fitur terbaru seperti peningkatkan fungsi input keyboard, search new desain, UI baru dan hasil pencarian Voice Search terbilang lebih cepat dari versi sebelumnya. Google Now juga bagian yang turut disempurnakan. Google Now bisa menyajikan informasi secara tepat pada waktu dan tepat pula. Salah satu kemampuan Google Now yaitu bisa mengetahui informasi cuaca terbaru, info lalu lintas terbaru, atau melihat hasil pertandingan olahraga terbaru. Pemakaian sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 digunakan pertama kali di ponsel tablet Asus, yaitu Google Nexus 7.

11. Android versi 4.2 (Jelly Bean). Mempunyai fitur fotosphere untuk gambar panorama, daydream bisa dipakai sebagai screensaver, panel kendali, lock screen widget, bisa menjalankan multi user (dalam satu ponsel). Android 4.2 dipakai untuk pertama kali di ponsel Google Nexus 4.

12. Android 4.3. Android 4.3 dinilai tak memiliki perubahan besar, karena versi 4.3 ini merupakan update dari Jelly Bean versi sebelumnya. Versi ini sudah diluncurkan di Juli 2013 lalu.

Spesifikasi Hardware Telepon Selular Pintar

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi hardware telepon selular pintar yang harus diperhatikan ketika ingin membeli ponsel baru.


A. Spek yang berpengaruh terhadap performa ponsel pintar

A.1. Prosesor
Prosesor adalah otak ponsel. Makin cepat prosesornya maka makin responsif dan enteng sewaktu menjalankan aplikasi Android. Prosesor yang biasa dipakai ponsel Android bertipe Low End pada umumnya memiliki kecepatan 600 MHz. Sedangkan Android Mid End mempunyai speed 800 MHz, dan ponsel Android High End memiliki kecepatan 1 GHz lebih.

Setiap handphone Android dengan prosesor speed 600 MHz sebenarnya sudah dapat menjalankan semua fungsi sistem operasi Android. Jadi, jika uang dimiliki tidak terlalu besar atau baru mau mencoba OS Android, maka tak usah dipaksakan membeli handphone terbaru dengan prosesor kecepatan tinggi. Tapi jika punya uang lebih, maka direkomendasikan beli ponsel terbaru dengan prosesor akses minimal 800 MHz. Prosesor 800 Mhz bisa menjalankan game dengan baik dibandingkan yang 600 Mhz.

A.2. Graphic Processing Unit (GPU)

GPU adalah komponen yg berfungsi buat mengolah gambar atau grafik. Handphone Android terbaru yg menggunakan atau memiliki GPU bisa menjalankan aplikasi yg banyak menggunakan tampilan visual atau game 3D jauh lebih baik dibanding ponsel yg tak memiliki GPU. Malah pada umumnya, HP Android terbaru yg tak memiliki GPU tak bisa menjalankan game 3D, bila bisa berjalan pun akan sangat lambat.GPU yg paling banyak digunakan buat handphone low end dan mid end adalah tipe Adreno 200 atau PowerVR SGX 530.

Buat handphone high end biasanya menggunakan GPU Adreno 205, PowerVR SGX 540 atau NVIDIA GeForce (NVIDIA Tegra). Bila konsumen mencari handphone Android terbaru, disarankan yg sudah menggunakan GPU minimal Adreno 200 atau PowerVR SGX530, namun saygnya buat GPU yg digunakan pada sebuah ponsel tak selalu dituliskan pada informasi spesifikasi, oleh karena itu terkadang konsumen harus menanyakannya terlebih dahulu kepada pengguna yg telah memiliki handphone Android terbaru atau melalui forum komunitas pengguna Android terbaru yg ingin dibeli.

A.3. Kapasitas Random Access Memory (RAM)

Kemampuan RAM berhubungan dgn performa handphone Android terbaru. Semakin besar RAM yg dipakai, maka akan semakin baik pula performa dari handphone baru, terutama saat melakukan multi tasking atau membuka beberapa aplikasi dengan bersamaan. Kemampuan RAM yg umumnya dipakai ialah 128 MB, 256 MB, 512 MB dan 1 GB. Handphone yg menggunakan RAM sebesar 128 MB pada umumnya agak sedikit lambat jika dipakai untuk multi tasking.

Oleh karena itu disarankan membeli ponsel Android terbaru yg mempunyai kemampuan RAM minimal 256 MB. Sebagai catatan, konsumen mesti cukup jeli saat membaca spesifikasi kemampuan RAM dari sebuah handphone Android terbaru. Beberapa produsen menuliskan kemampuan RAM dengan satuan Gb (giga bit) perhatikan huruf b kecil yg dipakai. 1 b (bit) = 1/8 B (byte) jadi kalau membaca spesifikasi sebuah handphone Android terbaru mempunyai kemampuan RAM sebesar 1 Gb (1000 Mb), maka kemampuan RAM yg sebenarnya ialah 1000 : 8 = kurang lebih sebesar 125 MB (Megabyte).


B. Spek Yang Memiliki Nilai Tambah

B.1. Layar HP

Jumlah Pixel. Besaran jumlah pixel layar pada HP Android umumnya adalah 240x320 px, 320x480 px dan 480x800 px. Makin besar jumlah pixel, maka semakin halus (bagus dan jelas) gambar tampilan di layar.

Ukuran Layar. Jika ukuran layar makin besar, maka akan makin nyaman buat mata dan makin gampang pemakaian papan ketik (keyboard) virtual. Tapi itu berdampak pada ukuran handphone makin lebar atau tinggi. Akibatnya ponsel pintar Anda akan memakan banyak tempat penyimpanan atau tidak praktis karena agak sulit dikantongi dalam saku celana. Jadi sebaiknya ukuran ponsel terbaru disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis layar. Ada 2 jenis layar yang digunakan ponsel terbaru pada umumnya yaitu resistif dan kapasitif. Layar ponsel kapasitif peka terhadap sentuhan jari, sedang layar ponsel resistive kurang peka terhadap sentuhan jari. Layar ponsel kapasitif hanya bisa merespon sentuhan kulit jari, sedanga layar ponsel resistif bisa merespon sentuhan media lain, seperti kuku, bulpen stylus atau benda materi lain. Pilihan terbaik ponsel baru sebaiknya yang berlayar kapasitif sebab lebih nyaman digunakan.

Multi touch merupakan kemampuan layar buat mendeteksi minimal dua titik sentuhan secara bersamaan. Jika layar mendukung multi touch, maka konsumen bisa menyentuh dua tombol sekaligus, jadi misalnya saat bermain game perang, saat jari jempol kiri mengarahkan senjata, di saat bersamaan jari jempol kanan menekan layar guna menembakkan senjata. Jika layar tak mendukung multitouch, saat salah satu jari masih menyentuh layar, maka layar tak akan merespon sentuhan jari yang lain, secara contoh ini pengguna tak bisa mengarahkan dan menembakkan senjata secara waktu bersamaan, jadi harus diarahkan dulu baru menembak. Ponsel baru yang tak mendukung multi touch tentu saja kurang nyaman digunakan buat bermain game.

B.2. Kamera

Resolusi foto yg dihasilkan biasa ditulis dalam besaran megapixel (MP). Walaupun tak menjamin, namun pada umumnya makin jadi besar resolusi foto yg bisa dihasilkan, maka hasil fotonya akan makin jadi baik.

Fokus Otomotis, sebaiknya kamera HP baru Android memiliki fitur fokus otomatis, maka kamera bisa secara otomatis menyesuaikan fokus sesuai dengan jarak objek yg akan di foto. Beberapa pengguna ada yg menyebutnya fitur zoom otomatis. Kelebihan kamera fokus otomatis dibanding kamera fokus tetap lebih terasa saat pengguna mengambil foto dalam jarak dekat (dibawah 30 cm). Kamera fixed focus saat dipakai buat mengambil foto dalam jarak dekat, hasilnya akan.sedikit buram atau tak fokus. Tapi ketika pengambilan foto jarak jauh, antara HP baru Android memiliki fitur auto fokus maupun focus tetap, keduanya tak terlalu menunjukkan perbedaan berarti.

Lampu Flash, berguna saat mengambil foto di malam hari, maka lebih baik memilih HP baru Android dengan fitur HP kamera telah dilengkapi lampu flash.

Tombol Kamera, posisi tombol khusus kamera akan memudahkan pengguna ketika mengambil foto, khususnya saat mengambil foto diri sendiri (selfi).

Kamera Depan, bermanfaat untuk melakukan video call, sebaiknya mencari HP baru yg memiliki kamera depan. Sebagai informasi, mayoritas HP baru Android kelas menengah kebawah (harga dibawah Rp. 2 juta) tak memiliki kamera depan. Bila melihat pada bagian depan gambar HP baru Android yg ingin dibeli ada bulatan kecil seperti kamera, belum tentu itu adalah kamera, bisa jadi hanya sensor cahaya serta/atau proximity sensor.

B.3. Kapasitas Memori Internal. Penting untuk diperhatikan juga kapasitas memori internal dari HP Android. Makin jadi besar makin jadi baik.

B.4. Keyboard Fisik. Kebanyakan HP baru Android adalah HP baru full layar sentuh, namun beberapa diantaranya ada yg memiliki keyboard fisik. Jika tak terbiasa atau kurang nyaman mengetik tulisan menggunakan keyboard virtual, maka sebaiknya memilih HP baru Android yg memiliki keyboard fisik.

B.5. Radio FM. Bagi yg hobi mendengarkan radio, pastikan pada HP baru Android yg akan dibeli telah memiliki fitur ini.

B.6. Kapasitas Baterai. HP baru Android termasuk boros baterai, jadi sebisa mungkin carilah HP baru yg memiliki kapasitas baterai besar. Kapasitas baterai yg umumnya digunakan sebesar 1200 mAh, jika ada yg lebih besar maka lebih baik.

B.7. Jaringan Telepon. Sebelum membeli HP baru Android, ada baiknya pastikan lebih dulu jaringan teleponnya. Mau memilih beli HP baru Android CDMA atau GSM. Selain itu, apakah HP baru Android telah mendukung koneksi 3G atau belum. Jika pengguna HP membaca pada spesifikasi bahwa HP baru bisa berjalan di jaringan WCDMA, maka bisa dipastikan bahwa HP baru tersebut bukan HP baru CDMA, melainkan HP baru GSM yg telah mendukung koneksi 3G.

B.8. Fitur Lain. Umumnya HP baru Android telah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti:

- GPS (Global Positioning System): Berguna buat mengetahui lokasi anda saat ini serta juga sebagai panduan arah pemakaian bantuan satelit.

- Sensor accelerometer, sensor ini berperan buat mengetahui sudut kemiringan HP baru. Fitur ini digunakan buat auto-rotate layar atau buat kontrol game. Jika digunakan pada game tertentu, misalnya game balap mobil, pengguna bisa membelokkan mobil dengan cara memiringkan HP baru. Sensor ini juga terkasertag diartikan sebagai sensor gravitasi.

- Kompas Digital, Wi Fi dan Bluetooth

- Sensor Cahaya, berperan buat mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis tergantung kondisi cahaya sekitar.

- Proximity sensor berguna buat mengetahui keberadaan obyek paling dekat tanpa perlu menyentuhnya. Misalnya pengguna HP akan melakukan panggilan telepon, saat HP baru di dekatkan ke telinga pemakai HP baru. Proximity sensor akan mendeteksi HP baru berada dekat dengan telinga serta secara otomatis akan mematikan layar HP karena tak diperlukan. Pada beberapa tipe HP baru, layar akan menyala kembali saat HP baru di jauhkan dari telinga.

Fitur-fitur tersebut umumnya sudah ada di HP baru Android. Namun tak ada salahnya dipastikan lagi fitur-fitur ini sudah ada atau tertulis pada spesifikasi.

Mengenai masalah aplikasi, tak perlu terlalu kuatir jika pada HP baru Android yg rencananya dibeli tak memiliki aplikasi yg pengguna HP inginkan atau butuhkan. Karena pengguna HP bisa dengan mudah mengunduh serta menginstall aplikasi-aplikasi yg dibutuhkan melalui Google play store. Tapi sebaiknya memeriksa terlebih dahulu apakah aplikasi yg tersebut ada serta tersedia di Google play store.

Kesimpulan

Saat ini cukup banyak HP baru Android yg bisa pengguna HP pilih. Apabila pengguna HP baru ingin coba-coba Android, maka tak harus membeli yg mahal, karena semua fitur serta keunggulan Android bisa dibisakan pada HP baru Android dengan harga yg murah. Perbedaan utama antara HP baru Android yg mahal dengan yg murah hanyalah kemampuannya buat menjalankan aplikasi atau game berat, lalu perbedaan fitur tambahannya seperti layar, kamera, kualitas speaker, serta sebagainya.

Intinya, semua dikembalikan lagi kepada kebutuhan masing-masing. Bila pengguna HP bingung menentukan mana yg terbaik di kisaran harga yg sama, maka dapat memakai ulasan tentang cara mencari HP murah meriah ini sebagai panduan.